KELANJUTAN DARI MATERI 8
- Tampilan di dalam aplikasi 3D Studio MAX
- Tampilan setelah dirender (perspective viewport)
- Animasi
Mau tau cara pembuatannya?
Ayo ikuti langkah-langkahnya.
Buka Aplikasi 3D Studio MAX
Buka pekerjaan yang terakhir dikerjakan (Materi 8).
Pastikan file pooltob.jpg terdapat dalam folder yang sama dengan pekerjaan Materi 8.
Klik tombol Animate.
Klik bola Ping-Pong dalam Viewport.
Pada Main toolbar, klik Select and Move.
Jika sumbu Z berwarna kuning pindahkan bola Ping-Pong ke atas.
(Baru saja menentukan key untuk bola Ping-Pong pada frame 0).
Geser time slide ke frame 15. lalu pindahkan bola ke bawah keatas meja.
(Gunakan kotak dialog Transform Type-In untuk menempatkan bola secara tepat diatas meja.
Klik kanan Select and Move
(memunculkan kotak dialog Transform Type-In)
Masukkan nilai = 0'2" untuk sumbu Z (menempatkan bola tepat diatas meja).
Tutup kotak dialog Transform Type-In.
Pastikan bola masih dalam keadaan terpilih. Tekan SHIFT.
Pada track bar, clone/copy key dari grame 0 ke frame 30.
Tekan Play untuk memainkan animasi.
Pada time controls, klik Time Configuration.
Pada kotak dialog Time Configuration, tentukan end time = 30.
Mainkan animasi. Bola bergerak naik turun.
Mengatur pergerakan bola agar terlihat lebih relistis perlu mengatur Interpolasi.
Dari Views menu. klik Show Ghossing.
Pindah kem menu Customize > Preferences > tab Viewports,
lalu ganti Ghosting Frames menjadi 4 dan Display Nth Frame menjadi 4.
Pilih bola lalu geser time slider ke frame 14.
Mainkan animasi.
Mengatur inbetweens, klik-kanan key track bar pada frame 14.
Dari menu pilih Bola Ping-Pong Position.
Ganti nilai In untuk keyframe 2 menjadi Fast In.
Ganti nilai Out pada keyframe 2 menjadi Fast Out.
Gunakan tanda panah pada kotak dialog, ganti keyframe 2 menjadi keyframe 1.
Ganti interpolasi Out pada keyframe 1 menjadi Slow Out.
(Hal ini membuat bola menggantung/berhenti sejenak di udara sebelum molai to descend).
Ganti interpolasi In pada keyframe 1 menjadi Slow In.
Lanjutkan pada keyframe 3 lalu tentukan nilai In menjadi Slow In.
Masih pada keyframe 3, ganti interpolasi Out menjasi Slow Out.
Mainkan animasi.
(Sekarang bola memantul dengan benar).
Tutup jendela Bola Ping-Pong: Position.
Non-aktifkan tombol animate.
Klik menu Rendering.
Pilih menu Render.
Atur Time Output pada Active Time Segment: 0 To 30 atau Rang: 0 To 30.
Pilih Output Size 640x480.
Pilih tombol Files...
Beri nama masing-masing.
Pastikan formatnya adalah *.avi
Atur compressor: pada default yang ada (Cinepak Codec by Radius)
Klik Ok.
Tentukan jenis tampilan pada Viewport: Perspective.
Laku klik tombol Render.
Simpan pekerjaan dengan nama masing-masing, pastikan format pada *.max.
Selamat mencoba :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar