Kamis, 09 Juni 2011

Materi 9 (9 Juni 2011)

KELANJUTAN DARI MATERI 8

- Tampilan di dalam aplikasi 3D Studio MAX

- Tampilan setelah dirender (perspective viewport) 

- Animasi


Mau tau cara pembuatannya?
Ayo ikuti langkah-langkahnya.

Buka Aplikasi 3D Studio MAX

Buka pekerjaan yang terakhir dikerjakan (Materi 8).
Pastikan file pooltob.jpg terdapat dalam folder yang sama dengan pekerjaan Materi 8.


Klik tombol Animate.

Klik bola Ping-Pong dalam Viewport.

Pada Main toolbar, klik Select and Move.

Jika sumbu Z berwarna kuning pindahkan bola Ping-Pong ke atas.
(Baru saja menentukan key untuk bola Ping-Pong pada frame 0).

Geser time slide ke frame 15. lalu pindahkan bola ke bawah keatas meja.
(Gunakan kotak dialog Transform Type-In untuk menempatkan bola secara tepat diatas meja.

Klik kanan Select and Move
(memunculkan kotak dialog Transform Type-In)

Masukkan nilai = 0'2" untuk sumbu Z (menempatkan bola tepat diatas meja).

Tutup kotak dialog Transform Type-In.

Pastikan bola masih dalam keadaan terpilih. Tekan SHIFT.
Pada track bar, clone/copy key dari grame 0 ke frame 30.

Tekan Play untuk memainkan animasi.

Pada time controls, klik Time Configuration.

Pada kotak dialog Time Configuration, tentukan end time = 30.

Mainkan animasi. Bola bergerak naik turun.

Mengatur pergerakan bola agar terlihat lebih relistis perlu mengatur Interpolasi.

Dari Views menu. klik Show Ghossing.

Pindah kem menu Customize > Preferences > tab Viewports,
lalu ganti Ghosting Frames menjadi 4 dan Display Nth Frame menjadi 4.

Pilih bola lalu geser time slider ke frame 14.
Mainkan animasi.

Mengatur inbetweens, klik-kanan key track bar pada frame 14.
Dari menu pilih Bola Ping-Pong Position.

Ganti nilai In untuk keyframe 2 menjadi Fast In.

Ganti nilai Out pada keyframe 2 menjadi Fast Out.

Gunakan tanda panah pada kotak dialog, ganti keyframe 2 menjadi keyframe 1.

Ganti interpolasi Out pada keyframe 1 menjadi Slow Out.
(Hal ini membuat bola menggantung/berhenti sejenak di udara sebelum molai to descend).

Ganti interpolasi In pada keyframe 1 menjadi Slow In.

Lanjutkan pada keyframe 3 lalu tentukan nilai In menjadi Slow In.

Masih pada keyframe 3, ganti interpolasi Out menjasi Slow Out.

Mainkan animasi.
(Sekarang bola memantul dengan benar).

Tutup jendela Bola Ping-Pong: Position.

Non-aktifkan tombol animate.

Klik menu Rendering.
Pilih menu Render.
Atur Time Output pada Active Time Segment: 0 To 30 atau Rang: 0 To 30.
Pilih Output Size 640x480.
Pilih tombol Files...
Beri nama masing-masing.
Pastikan formatnya adalah *.avi
Atur compressor: pada default yang ada (Cinepak Codec by Radius)
Klik Ok.
Tentukan jenis tampilan pada Viewport: Perspective.
Laku klik tombol Render.

Simpan pekerjaan dengan nama masing-masing, pastikan format pada *.max.

Selamat mencoba :) 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar